Pintu Kamar Mandi Aluminium

Pintu Kamar Mandi  Aluminium menjadi ruang paling privat, pembuatan kamar mandi tak hanya memenuhi kebutuhan saat ini, namun fungsi jangka panjang bagi keberlangsungan sebuah rumah.

Memiliki sebuah kamar mandi yang bersih dan indah secara estetis tentu tidak terpisahkan dari pemilihan bahan yang akan digunakan. Gaya modern dan minimalis kini banyak menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia.  Salah satu elemen yang penting yakni pemilihan pintu kamar mandi aluminium yang memiliki daya tahan yang sudah teruji dan tahan air serta anti rayap.

Dari hitung-hitungan biaya pembuatannya, sebagian orang menganggap kamar mandi adalah ruang yang menempati urutan kedua konsumsi biayanya, setelah dapur.  Alasannya, sekalipun berukuran kecil, kamar mandi membutuhkan banyak elemen untuk memenuhi tuntutan fungsi dan estetikanya. Ada perangkat saniter, ada sistem pemipaan, sistem pengudaraan dan pencahayaan, dan elemen lain untuk estetika interiornya.

Karena fungsi kamar mandi adalah untuk membersihkan badan dan membuang kotoran, sedikit saja ada permasalahan di salah satu elemen dapat berimbas besar dan akan sangat mengganggu kenyamanan tinggal bagi penghuninya dan kenyamanan rumah secara keseluruhan. Bahkan, keamanan
dan kesehatan penghuni rumah pun terancam, saat terjadi ketidakberesan di ruangan ini. Karenanya, banyak orang rela mengeluarkan biaya tak sedikit demi kamar mandinya. Pertimbangannya, karena pembuatan kamar mandi tak hanya memenuhi fungsi saat ini, namun fungsi jangka panjang bagi keberlangsungan sebuah rumah.

Fakta lain tentang peran kamar mandi muncul saat ini. Gaya hidup masyarakat modern memberi andil pada meningkatnya peran ruang privat ini. Keletihan fisik dan psikis menghadapi rutinitas kerja, membuat seseorang memerlukan tempat pelampiasan untuk mendapatkan pemulihan. Ketika rumah menjadi tujuan pelampiasan ini, maka kamar mandi adalah salah satu ruang yang banyak dipilih untuk memenuhinya.

Tak hanya rasa segar yang menyembuhkan segala letih fisik dan psikis, namun proses penemuan diri dapat terjadi di kamar mandi. Kamar mandi menjadi ruang paling privat bagi seseorang melebihi kamar tidur.

Jika di kamar tidur, seseorang masih mungkin berbagi dengan yang lain, namun tidak semua orang mau dan rela berbagi di kamar mandi. Itulah mengapa, banyak orang memilih kamar mandi menjadi ruang paling tepat untuk mengekspresikan diri. Apa saja bisa dilakukan di tempat ini, tanpa diketahui dan tanpa keberadaan orang lain.

Karena alasan inilah, kami mengangkat kamar mandi menjadi tema utama kali ini. Berbagai perubahan dan inovasi baik dari sisi desain, material, maupun teknologi, sudah diaplikasikan demi menciptakan kamar mandi yang memenuhi tuntutan kebutuhan masa kini. Bahkan, saat kebersamaan keluarga menjadi prioritas, banyak orang mendesain khusus kamar mandi yang memenuhi kebutuhan keluarga mereka.

Kebutuhan apa saja yang muncul dari masyarakat zaman sekarang dan inspirasi kamar mandi seperti apa yang ditawarkan oleh para desainer maupun arsitek untuk memenuhinya? Semuanya dapat Anda temukan di sini.

Dari sekian banyak inspirasi, mungkin ada yang mewakili kebutuhan Anda dan dapat diaplikasikan di rumah Anda. Namun, jika tidak pun, apa yan
tersaji bisa menjadi tawaran ide untuk mengeksplorasi kebutuhan Anda pribadi. Karena sesungguhnya, apa pun yang Anda wujudkan di kamar mandi akan menjadi tempat ternyaman, jika itu mewakili diri Anda dan keluarga Anda.

Berubahnya Peran Kamar Mandi
& Solusi Desain Terkini

Menghapus anggapan sebagai ruang yang kotor dan sumber bau tak sedap, kamar mandi masa kini tampil bersih, sehat, dan kekinian.

Layaknya ruang lain di rumah, kamar mandi kini dapat menjadi daya tarik tersendiri. Tidak hanya bagi penghuni rumah, namun juga bagi tamu atau siapa pun yang bertandang ke rumah. Daya tarik ini muncul atas latar belakang kebutuhan akan fungsi dan estetika yang kian berkembang mengikuti gaya hidup masyarakat zaman sekarang. 

Dulu orang menggunakan kamar mandi hanya untuk mandi, dalam arti membersihkan diri, sekarang fungsi lainpun mengikuti. Lantas perubahan apa saja yang ditampilkan oleh kamar mandi masa kini?

Jadi Tempat Sebuah Ritual

Mandi masa kini menjadi sebuah ritual, yang artinya, melewati berbagai proses dari awal hingga akhir untuk mencapai tujuan mandi. Jika dulu sehabis mandi ukurannya hanya bersih, maka saat ini selain bersih, tubuh terawat dan mengalami relaksasi.

Maka, saat ini tak cukup ada bak mandi dan kloset, tetapi aneka fasilitas perawatan dan relaksasi tubuh pun ada di kamar mandi, seperti wastafel, bangku, lemari. dan segala perangkat perawatan diri lainnya, serta perangkat hiburan. Pertimbangan privasi serta anggapan "tak perlu berbagi" karena kamar mandi menjadi simbol ekspresi diri, menjadi alasannya.

Diletakkan Bersinggungan dengan Area Luar

Dulu kamar mandi dianggap sebagai tempat yang kotor dan sumber bau tak sedap, sehingga harus diletakkan di area belakang dengan bangunan tersendiri yang terpisah dari rumah induk. kini , kamar mandi ada di dalam rumah, bahkan di dalam kamar. Jika dulu wujud kamar mandi adalah ruang yang tertutup secara masif, kini dia sangat mungkin tampil dengan wujud lebih transparan.

Meski dapat diletakkan di imana saja di dalam rumah, namun saat ini banyak orang meletakkan kamar mandinya di tempat yang bersinggunagan dengan area luar dengan tujuan agar mudah mendapatkan sirkulasi udara, pencahayaan alami, maupun
untuk memasukkan view area luar yang dibutuhkan dalam proses relaksasi.

Memisahkan Area Basah & Area Kering

Memberikan prioritas pada sisi kenyamanan, saat ini desain kamar mandi banyak menampilkan pemisahan area basah dan kering, Makin tingginy kesadaran akan pentingnya kebersihan dan keamanan di dalam kamar mandi, membuat desain ini banyak diterapkan.

Kamar mandi tak bisa dilepaskan dari air. Kondisi becek atau tergenang di kamar mandi tidak saja menyebabkan lembap dan mengundang penyakit, serta mempercepat kerusakan dinding dan lantai, tetapi juga berpotensi menimbulkan kecelakaan (terpeleset). Pemisahan area kering dan basah memperkecil risiko ini dan memberi kemudahan bagi pemilik untuk melakukan perawatan kamar mandinya.

Menggunakan Material Inovatif

Saat inovasi baru banyak tercipta pada material yang digunakan di kamar mandi, maka ini menjadi sarana pengolahan desain dalam mempercantik kamar mandi.
Mengolah lantai dan dinding banyak dilakukan dengan memanfaatkan pilihan jenis, motif, dan warna material yang ditawarkan. Para desainer memanfaatkan Ini untuk sarana penciptaan suasana yang diinginkan oleh setiap pemilik kamar mandi. 

Tak hanya memengaruhi tampilan fisik kamar mandi, namun inovasi pada material juga memberi solusi pada penghematan biaya konstruksi kamar mandi ataupun kepraktisan saat melakukan renovasi kamar mandi. Contohnya, dinding dalam kamar mandi saat ini tak selalu menggunakan batu bata yang masif, namun diganti gipsum untuk dinding dalam yang tahan terhadap cipratan air. Penggunaan kaca pun banyak diterapkan. Selain dapat menjadi batas pemisah, kaca juga memberi kesan luas dan view indah yang ingin dibawa ke kamar mandi.

Perlengkapan Saniter Canggih
& Hemat Energi

Untuk menambah kenyamanan, pilihan perlengkapan saniter berteknologi tinggi banyak dilakukan. Selain menawarkan kemudahan dan kepraktisan dalam proses relaksasi tubuh di kamar mandi, pilihan ini juga menjawab kebutuhan masyarakat zaman sekarang yang semakin peduli dalam penghematan energi (air maupun listrik).

Berbagai perlengkapan saniter masa kini diciptakan dengan keunggulan ini. Contohnya shower. Shower masa kini selain memiliki teknologi pengaturan keluarnya air (besar atau kecil), ada yang dilengkapi pemutar musik, selhingga selain menghemat penggunaan air, mandi dengar ini memberi pengalaman relaksasi yang sempurna.